top of page
  • mailcuratedforu

Psst, Lagu Hits ini Ternyata Terinspirasi dari Musik Klasik!

Nama : Tiara Zahra Rahmadini

NPM : 210104180121

Kelas : C


Beberapa orang yang berada dikedua sisi musik yang berbeda, ingin melihat musik pop dan musik klasik tetap dipisahkan. Beberapa orang tersebut, tak ingin musik pop mengganggu aliran musik klasik yang telah memiliki ciri khas dan alunan tersendiri.


Ya, musik klasik memang memiliki nilai seni yang tinggi dengan susunan nada dan not yang indah sehingga tak akan membuat pendengarnya bosan. Bahkan, seorang peneliti asal Jerman, Laszlo Harmat, mengatakan bahwa musik klasik sering direkomendasikan untuk dijadikan lagu pengantar tidur karena dinilai dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Mereka menilai, makna yang ada pada musik klasik membuat aliran musik ini tak bisa dimix dengan musik pop.


Namun, berbeda dengan beberapa orang lainnya. Mereka dengan senang hati merangkul kedua aliran musik. Menurut mereka, perpaduan musik pop dan musik klasik dapat menghasilkan karya yang hebat. Seperti beberapa lagu pop hits dibawah ini, yang ternyata terinpirasi dari musik klasik.


1. Little Me - Little Mix / Pavane - Fauré

Salah satu girl band terbesar di dunia, Little Mix, juga merupakan penggemar berat Gabriel Fauré. Single 2013 mereka 'Little Me' terinspirasi dari Pavane dan mengubahnya menjadi lagu R&B.


2. Old Money - by Lana Del Rey / Romeo and Juliet Theme - by Nino Rota

Lana Del Rey mengambil nada dari lagu Nino Rota versi film Romeo & Juliet 1968 untuk lagunya 'Old Money'.


3. I Can’t Help Falling In Love With You - Elvis Presley / Plaisir D’Amour – Martini

Elvis Presley telah menyatakan bahwa karya-nya ini terinspirasi dari karya komposer Prancis, Jean-Paul-Égide Martini. Lagu ini telah dicover berulang kali dan cover yang paling terkenal adalah milik UB40.


4. Alejandro – Lady Gaga / Csárdás – Monti

Lady Gaga mengambil inspirasi dari “Csárdás” oleh Vittorio Monti untuk intro single-nya “Alejandro”.


5. All by Myself - Eric Carmen / Piano Concerto No. 2 – Rachmaninov

Konser piano terkenal Rachmaninov digunakan sebagai dasar untuk lagu hits ikonik ini. Sangat berwarna, kontras dengan interval vokal yang ekspansif dibagian chorus.


6. BLUE - Zayn / Cello Suite in C Major – Bach

Cello Suite in C Major oleh Bach disuarakan pada awal lagu ini dan berlanjut sebagai G arpeggio sepanjang lagu ini yang diiringi oleh piano chordal. Itu membangun keunikan vokal kontemplatif yang dimiliki Zayn.


7. Because - The Beatles / Moonlight Sonata – Beethoven

Model triadic dari karya Beethoven ini membentuk dasar dari lagu “Because” oleh The Beatles yang sedikit impresionistik. Dapat dilihat, “Because” oleh The Beatles mengeksplorasi harmoni dengan modulasi yang selalu berubah.




Referensi :

24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page