top of page
  • mailcuratedforu

Semakin Seru Mendengarkan Musik Dengan Mengetahui Fakta Dan Manfaatnya

CU - Punya hobi mendengarkan musik? Siapa yang sangka ternyata banyak loh manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan hanya mendengarkan musik yang berefek untuk kesehatan. Musik genre apapun mulai dari Pop, Jazz, Rock, RnB dan lainnya dapat memberi efek yang sama, karena pada intinya mendengarkan musik bermanfaat untuk kesehatan.


Waktu terbaik untuk mendengarkan musik bisa kamu putar dalam beberapa moment seperti di pagi hari, saat berada di perjalanan, bersama teman-teman, dan saat sebelum tidur. Semakin pas momentnya, semakin enjoy juga rasa yang didapatkan saat mendengarkan musik. Dan berikut manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan.


1. Meredakan Stress

Meredakan stress dengan mendengarkan musik
Meredakan stress dengan mendengarkan musik

Disaat-saat pikiran penuh dengan tugas dan kerjaan yang membuat pikiran terasa penuh, dapat mereda dengan sembari mendengarkan musik yang buat feel dan vibesnya lebih enjoy.


Ternyata ada penjelasan ilmiah soal mengapa mendengarkan lagu dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Karena rupanya mendengarkan musik menurunkan kadar kortisol yang bertanggung jawab sebagai respons terhadap stress di tubuh.


2. Menjadi Moodbooster

Mendengarkan musik bikin mood naik lagi
Mendengarkan musik bikin mood naik lagi

Memutar lagu-lagu favorit biasanya akan membuat hari yang lelah dan kurang semangat menjadi good mood dan semangat terisi penuh kembali.


Pemicu utamanya adalah ketika otak melepaskan dopamin memicu semangat emosional melalui neurotransmitter dengan timbul rasa bahagia.


3. Meningkatkan Daya Ingat

Musik meningkatkan fokus dan daya ingat
Musik meningkatkan fokus dan daya ingat

Ingin memiliki daya ingat yang kuat? Dengerin musik aja. Ternyata dengan mendengarkan musik kita dapat meningkatkan daya ingat juga, loh! Dari sekedar mendengarkan ternyata ada manfaat yang tidak kita disadari.


Hal ini terjadi ketika irama dan melodi membentuk pola yang meningkatkan daya ingat dan juga fokus terhadap sesuatu yang sedang dipelajari.


4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Kualitas tidur lebih baik sambil mendengarkan musik
Kualitas tidur lebih baik sambil mendengarkan musik

Dengan mendengarkan musik saat tidur dengan alunan melodi yang tenang atau suara ambience yang dapat merefleksi ternyata membantu memperbaiki kualitas tidur.


Apalagi kalau teman CU kesulitan untuk tidur karena memiliki gangguan tidur (insomnia), dengan mendengarkan musik menjadi sangat efektif sebagai terapi dalam membuat tidur menjadi lebih nyenyak.


5. Membuat Rileks

Rasa nyaman, tenang dan rileks saat mendengarkan musik
Rasa nyaman, tenang dan rileks saat mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat meringankan gangguan kecemasan, alunan dan nada-nada yang dimunculkan bisa membuat perasaan cemas lebih rileks.


Tidak hanya membuat rileks, musik dapat membuat kenyamanan dan ketenangan dalam situasi kondisi apapun.



Itulah fakta dan manfaat yang bisa teman_CU dapatkan dari hanya sekedar mendengarkan musik. Siapa yang sangka ternyata berefek pada kesehatan juga kan? Nah karena sekarang kamu sudah tau, yuk share artikel ini ke teman-teman kamu agar semakin seru mendengarkan musik dengan mengetahui fakta dan manfaatnya.



------------

Referensi:

20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page